Iklan Layanan

" <--- Kite STOP NYAMPAH DI KALI supaya Lingkungan Jadi Bersih..Nyok Nabung di BANK SAMPAH CILIWUNG pasti Dompet Terisi Lagi <-- Perda No. 3 / 2013 -- Denda 500 ribu bagi yang membuang sampah di kali -- tabe ..."

 Pengelolaan Sampah : Metode Pembakaran

Metode Pembakaran / Pemusnahan
Metode pengelolaan sampah dengan cara pembakaran biasanya digunakan untuk mengelola sampah-sampah padat. Sampah yang sudah eterkumpul kemudian dibakar dengan menggunakan alat pembakar atau Insinerator. Metode jenis ini cukup efektif dalam mengelola sampah padat dan sisa-sisa sampah cair, dengan merode ini volume sampah dapat dikurangii sebanyak 20 - 30% dari volume sebelumnya.
Metode pembakaran sampah biasanya dilakukan dalam skala kecil oleh individu-individu masyarkat tanpa menggunakan alat pembakaran atau Insinerator.

Walaupun metode pembakaran tidak memerlukan lahan yang terlalu luas seperti halnya pada metode landfll, serta efektif dalam mengurangi volume sampah, namun ternyata pelaksanaan metode ini justru lebih banyak memberikan dampak negatif terhadap lingkungan berupa pencemaran udara. Produk pembakaran yang dihasilkan berupa gas buang Cox, NOx, SOx, partikulat,dioksin, furan, dan logam berat yang dilepaskan ke atmosfer harus dipertimbangkan.

Selain itu proses insenarasi juga menghasilkan Dioxin yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, misalnya kanker, sistem kekebalan, reproduksi dan masalah pertumbuhan. Global Anti- Incenerator Alliance (GAIA) juga menyebutkan bahwa insinerator juga merupakan sumber pencemaran Merkuri. Merkuri merupakan racun saraf yang sangat kuat. yang menganggu sistem motorik, sistem panca indera dan kerja sistem kesadaran.

Belajar dari kelemahan-kelemahan metode pengelolaan sampah diatas maka sudut pandang kegiatan pengelolaan  sampah sebagai suatu produk yang tidak lagi bermanfaat dan cenderung untuk dibuang begitu saja tentunya harus segera DIUBAH.

0 comments:

Post a Comment

 
Bank Sampah Jakarta © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top