Iklan Layanan

" <--- Kite STOP NYAMPAH DI KALI supaya Lingkungan Jadi Bersih..Nyok Nabung di BANK SAMPAH CILIWUNG pasti Dompet Terisi Lagi <-- Perda No. 3 / 2013 -- Denda 500 ribu bagi yang membuang sampah di kali -- tabe ..."

Integrasi Bank Sampah dengan Gerakan 3R

Tujuan dibangunnya bank sampah sebenarnya bukan bank sampah itu sendiri.
Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat 'berkawan' dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Jadi, bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 3R dikalangan masyarakat sehingga manfaat langsung yang dirasakan masyarakat tidak hanya ekonomi kerakyatan yang kuat, namun pembangunan lingkungan yang bersih dan hijau guna menciptakan masyarakat yang sehat.

Dengan menyatukan bank sampah dengan gerakan 3R, akan tercipta kesatuan yang utuh antara warga, bank sampah, dan lingkungan yang bersih dan hijau di tingkat lokal.
Melalui prinsip think globaly and act locally, integrasi bank sampah dengan 3R adalah perwujudan konkret dari pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Integrasi Bank Sampah dengan Gerakan 3R
 Visi Bank Sampah
  • Visi dari bank sampah adalah : "Terwujudnya Bank Sampah yang mandiri untuk membangun ekonomi kerakyatan serta lingkungan yang bersih dan hijau sehingga tercipta masyarakat yang sehat"
Misi Bank Sampah
Misi dari bank sampah adalah :
  • Mngurangi jumlah timbulan sampah yang diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)
  • Mendayagunakan sampah menjadi baranh bermanfaat shuingga mempunyai nilai ekonomi dan potensi yang produktif dan  bermanfaat bagi masyarakat.
  • Merubah perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah secara bna dan ramah lingkungan.
  • Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Membudayakan ekonomj kerakyatan.
sumber : Buku Pedoman 3R Melalui Bank Sampah _ KLH RI 2013

0 comments:

Post a Comment

 
Bank Sampah Jakarta © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top