Iklan Layanan

" <--- Kite STOP NYAMPAH DI KALI supaya Lingkungan Jadi Bersih..Nyok Nabung di BANK SAMPAH CILIWUNG pasti Dompet Terisi Lagi <-- Perda No. 3 / 2013 -- Denda 500 ribu bagi yang membuang sampah di kali -- tabe ..."

Latar Belakang

Salah satu filosofi dasar ditetapakannya Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah adalah bagaimana cara melihat sampah dari perspektif berbeda, yakni memandang sampah sebagai suatu yang mempunyai nilai guna dan manfaat. Sehingga membuang sampah secara percuma merupakan tindakan yang kurang tepat. Ungkapan yang diperkenalkan salah seorang praktisi pengelolaan sampah, yaitu "dulu sampah, sekarang berkah" adalah istilah yang sungguh tepat memaknai perubahan paradigma tentang sampah.
Latar Belakang Bank Sampah
 Sebagai upaya 'membumikan' perubahan paradigma tentang sampah tersebut, praktek mengelola dan memanfaatkan sampah harus menjadi langkah nyata baru kita dalam mengelola sampah. Tindakan nyata mengelola sampah dengan benar dapat dilakukan mulai dari yang paling sederhana, yaitu mengubah sampah menjadi kompos di rumah-rumah kita, sampai dengan mengolah dan memanfaatkan sampah dalam skala bisnis yang besar dengan menggunakan teknologi tinggi.
Prinsip utama mengelola sampah yang benar adalah mencegah timbulnya sampah, menggunakan ualng sampah, dan mendaur ulang sampah. Itulah prinsip 3R (reduce, reuse, recycle).

Jika prinsip tersebut dijalankan secara konsisten, maka akan mendatangkan manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan karena mampu mengurangi beban polutan bagi lingkungan hidup, mengurangi resiko kesehatan, menghemat penggunaan sumber daya alam dan energi, serta mendatangkan benefit ekonomi bagi banyak orang.

Namun demikian praktiknya, prinsip pengelolaan sampah dengan 3R belum menjadi budaya dan kebiasaan orang kebanyakan, kegiatan daul ulang dan pemanfaatan sampah lebih banyak berupa wacana, bukan tindakan nyata.
Saah satu kendala utama penyebab rendahnya tingkat guna ulang, daur ulang, dan pemanfaat sampah adalah masyarakat kita tidak terbiasa memilah sampah, baik di sumber maupun di tempat penampungan sementara.

Para ahli dan praktisi 3R menyakini bahwa penentu keberhasilan kegiatan daur ulang adalah ditentukan oleh pemilahan sampah. Rumus umum para pelaku daur ulang menyatakan bahwa sampah yang dicampur,apalagi dalam keadaan kotor (mixed and dirty) nilainya adalah nol. Nilai sampah akan melonjak berlipat ganda ketika sampah dipilah sesuai jenisnya dan dalam keadaan bersih.

Keberhasilan Jepang dalam daur ulang di tingkat rumah tangga yang mencapai 70-80% ditentukan oleh sangat baiknya prosedur pemilahan dan pengumpulan sampah yang dilakukan masyarakat. Di  Jepang umumnya sampah dipilah menjadi sampah yang dapat didaur-ulang (recyclable) seperti PET botol dan kaleng minuman (can), kertas, serta yang dapat dibakar (combustible).

Jerman juga memiliki cerita sukses mengenai pentingnya memilah sampah. Pada tahun 1990, Jerman hanya mampu mendaur-ulang sampah hanya sebesar 13% dengan memilah sampah hanya terbatas pada jenis bio-waste, kertas, dan gelas. Tahun 2004 angka presentase daur ulang meningkat tajam menjadi 56%. Sukses tersebut dihasilkan karena Jerman menambah satu item, sampah wajib pilah, yaitu kemasan, dan menjalankan prosedur pemilahan dengan ketat dan konsisten.

Kesuksesan terkait pemilahan sampah sebetulnya bukan milik negara lain saja. Indonesia dengan caranya sendiri bahkan melahirkan ide inovatif yang cerdas tentang bagaimana caranya mengajak masyarakat memilah sampah. Dengan cara cerdas ini akhirnya masyarakat terdidik untuk memilah sampah dengan kesadaran sendiri. Praktek Bank Sampah yang berkembang saat ini di Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta yang dipelopori oleh Bambang Suwerda adalah cerita sukses orang Indonesia memilah sampah.

1 comments:

  1. Jerman juga memiliki cerita sukses mengenai pentingnya memilah sampah. Pada tahun 1990, Jerman hanya mampu mendaur-ulang sampah hanya sebesar 13% dengan memilah sampah hanya terbatas pada jenis bio-waste, kertas, dan gelas.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    ReplyDelete

 
Bank Sampah Jakarta © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top