Iklan Layanan

" <--- Kite STOP NYAMPAH DI KALI supaya Lingkungan Jadi Bersih..Nyok Nabung di BANK SAMPAH CILIWUNG pasti Dompet Terisi Lagi <-- Perda No. 3 / 2013 -- Denda 500 ribu bagi yang membuang sampah di kali -- tabe ..."

Operasional Bank Sampah
Sosialisasi Operasional Bank Sampah  RW 04 Klender
7. Sampah Dalam Keadaan Bersih
  • Para nasabah yang akan menabung dimotivasi untk menabung sampah dalam keadan bersih, baik luar maupun dalamnya, dan dalam keadaan utuh tidal rusak atau robek. Hal ini  karena harga sampah dalam keadaan besih dan utuh lebih tinggi dibanding dalam keadaan kotor dan rusak.
8. Berat Minimun Sampah
  • Berat minimun sampah yang di setor diperlukan agar timbangan sampah lebih efisien dan pencatatan dalam buku tabungan lebih mudah, misalnya berat minumum sampah ditetapkan minimum 1 kg untuk setiap sampah. Sehingga para nasabah didorong untuk menyimpan terlebih dahulu tabungan sampahnya di rumah sebelum mencapai syarat berat minimum.
9. Membawa Kantong Berbeda
  • Agar prose pemilahan berjalan dengan baik, para nasabah disarankan untuk membawa 3 kelompok besar sampah ke dalam 3 kantong yang berbeda, kantong pertama untuk sampah plastik, kantong kedua untuk sampah kertas, dan kantong ketiga untuk sampah logam.
10. Sistem Bagi Hasil
  • Sistem bagi hasil dilaksanakan dihampir semua bank sampah yang besaran proporsinya tergantung hasil rapat pegurus bank sampah. hasil keputusan besarnya bagi hasil tersebut kemudian disoisalisasikan kepada semua nasabah. Besaran bagi hasil yang umum digunakan saat ini adalah 85 :15, 85 persen untuk nasabah dan 15 persen untuk pengelola bank sampah. Jatah 15 persen untuk bank sampah digunakan untuk kegiatan operasional bank sampah seperti pembuatan buku tabungan, fotokopi, pembelian alat tulis dan pembelian furnitur.
11. Gaji Karyawan
  • Tidak semua bank sampah mampu membayar gaji karyawannya karena sebagian bank sampah dijalankan secara sukarela disaat waktu luang mereka. Namum jika pengelolaan bank sampah dilakukan dengan baik dan profesional, adalah suatu hal yang tidak sulit pengelola bank sampah mendapatkan gaji yang layak.
12. Nilai Tambah
  • Bank sampah dapat memperoleh nilai tambah dari penjualan plastik dalam bentuk bijih plastik karena harga plastik dalam bentuk bijih plastik 3 kali lebih tinggi dibandingkan dalam bentuk botol tau gelas utuh. Peroalannya adalah jika plastik diproses dalam bijih plastik, diperlukan mesin khusus yang harganya cukup mahal, sekitar 12,5 juta. Kemampuan bank sampah untuk membeli mesin tersebut sangat terbatas, kecuali pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk hibah mesin atau bantuan dari pelaku usaha.
13. Indikator keberhasilan Program Bank Sampah
  • Terdapat tiga indikator yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program bank sampah, yaitu :
    • Meningkatnya kebersihan lingkungan
    • Meningkatnya kesehatan masyarakat
    • Mendatangkan penghasilan tambahan bagi masyarakat dan ada potensi pendapatan asli daerah.

0 comments:

Post a Comment

 
Bank Sampah Jakarta © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top