Iklan Layanan

" <--- Kite STOP NYAMPAH DI KALI supaya Lingkungan Jadi Bersih..Nyok Nabung di BANK SAMPAH CILIWUNG pasti Dompet Terisi Lagi <-- Perda No. 3 / 2013 -- Denda 500 ribu bagi yang membuang sampah di kali -- tabe ..."

Definisi Sampah

Sampah adalah bahan yang tidak memiliki nilai atau tidak berharga dalam kondisi biasa atau kondisi utama barang tersebut. " Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun dalam proses alami yang belum memiliki nilai ekonomis." ( Ecolink 1996 )
Definisi dan Jenis Sampah
Menurut asalnya sampah dapat dikategorikan sebagai berikut :
  1. Sampah Rumah Tangga
  2. Sampah Kegiatan Komersial ; pusat perdagangan, pasar, pertokoan, hoel, restoran, tempat hiburan.
  3. Fasilitas Sosial ; rumah ibadah, asrama, rumah tahanan/penjara, rumah sakit,klinil dll
  4. Fasilitas Umum ; terminal, pelabuhan, bandara, stasiun, taman, jalan dll
  5. Sampah Industri
  6. Sampah hasil pembersihan saluran terbuka umum ; sungai, danau, pantai, irigasi dll.
Jenis-jenis Sampah
  • Sampah Organik ; adalah sampah yang bahan-bahannya berasal dari tumbuhan maupun hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan atau yang lain tanpa adanya proses kimiawi. Contoh sampah jenis ini adalah : sampah dedaunan, buah busuk, kotoran hewan, kotoran manusia, serbuk batang kayu. Samaph Organik ini adalah sampah yang mudah terurai dalam proses alami.
  • Sampah Anorganik ; sampah anorganik atau Non-orgnik berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi atau berasal dari proses industri. Contih ; Sampah palstik, pecahan kaca, potongan besi, potongan tembaga, botol kaleng bekas, limbah, asap pabrik atau asapa motor dan ban bekas. sampah jenis ini kebalikan dari sampah organik, yakni sampah yang tidak mudah diuraikan sehingga diberlaukan  cara khusus untuk mempercepat proses penguraiannya.


0 comments:

Post a Comment

 
Bank Sampah Jakarta © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top